Sabtu, 19 Desember 2009

Siapakah TAZMANIAN DEVIL Sesungguhnya?


SEPERTI di komiknya Looney Tunes, tampang Tazmanian Devil memang suka marah, menggeram, agak gila, dan kadang tak pernah puas. Kenyataannya memang demikian.

Tazmanian Devil memiliki semangat berani mati. Dia akan marah sambil bergerak tak tentu arah ketika dirinya terancam oleh pemangsa, melindungi pasangannya dari ancaman, ataupun mempertahankan makan. Pemukim Eropa adalah yang pertama kali menjuluki dia sebagai "setan" setelah menyaksikan penampilannya dengan pamer gigi, menerjang, dan sebuah rentetan geraman yang seram.

Mamalia terkenal ini punya mantel tebal berwarna cokelat ataupun hitam dan tubuh kekar yang memberi mereka tampilan layaknya beruang kecil. Kebanyakan mereka mempunyai garis putih atau totol pada dada mereka dan bintik-bintik terang pada punggung belakang. Kaki depan mereka lebih panjang dan kaki belakangnya lebih pendek. Hal ini membuat mereka lamban, berjalan terhuyung seperti babi.

Tazmanian Devil adalah karnivora berkantung terbesar di dunia, ukurannya mencapai 30 inchi (76 cm) panjang dan berat hingga 26 pon (12 kilogram), meskipun ukurannya akan sangat bervariasi tergantung pada wilayah dan ketersediaan makanan. Ukuran kepala yang terlihat terlalu besar dengan gigi tajam dan otot rahang yang kuat dapat memberikan gigitan yang sangat kuat, salah satu yang terkuat di antara semua mamalia. Ternyata tidak jauh seperti gambaran boneka Taz yang dijual di TokoBonekaJakarta.com ya.

Taz selalu menyendiri dan malam hari, menghabiskan hari-hari sendirian di lubang kayu, gua-gua, atau lubang, lalu muncul pada malam hari untuk makan. Mereka memiliki kumis panjang dan indra penciuman serta penglihatan yang sangat baik. Hal ini sangat membantu untuk menghindari predator, dan ketika mencari mangsa dan bangkai. Mereka makan apa saja yang bisa digigit oleh giginya. Ketika menemukan makanan, mereka menjadi rakus, memakan segala sesuatu-termasuk rambut, organ, dan tulang.

Sekarang Tazmanian Devil hanya ada di Pulau Tasman. Ahli biologi berspekulasi bahwa kepunahan mereka di daratan berkaitan dengan munculnya anjing Asia, atau dingoes. Tragisnya, bencana penyakit yang ditemukan pada pertengahan 1990-an menewaskan puluhan ribu Tazmanian Devil. Penyakit Tumor Tazmanian Devil menyebar dengan cepat. Wujudnya berupa kanker yang membentuk benjolan besar di sekitar mulut dan kepala, sehingga sulit untuk itu untuk makan. Akhirnya hewan itu akan mati kelaparan. Ahli kesehatan hewan melindungi populasi di mana penyakit ini belum muncul dan berfokus pada program-program penangkaran untuk menyelamatkan spesies dari kepunahan. Karena wabah tersebut, pemerintah Australia telah memasukkan Tazmanian Devil sebagai hewan yang terancam punah.

Sedih ya mengetahui hewan lucu tersebut terancam punah. Untuk mengenang keberadaannya, mari lengkapi koleksi Tazmanian-mu dengan meng-klik TokoBonekaJakarta.com .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.